Semangat pagi... Ibu dan Bapak Guru....
Guru Meyenangkan |
Pengertian tradisional itu memang ada benarnya, tetapi kurang relevan, karna memberikan atau mentransfer juga butuh metode tersendiri untuk hingga kepada anak didik kita... betul?
Maka dari itu saya akan mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan sangat bahagia, kalau sangat senang maka pelajaran yang kita ajarkan akan praktis masuk kepada siswa.. Aminnn.... Metode juga berperan untuk Mengatasi kegaduhan didalam kelas, menyerupai yang sudah saya jelaskan di tulisan 10 Tips Mengatasi Siswa yang Gaduh dikelas.
Langsung nie beberapa METODE PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN DAN MUDAH BANGET DILAKUKAN:
1. TALKING STIKE
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan tongkat.
2. Guru memberikan bahan pokok yang akan dipelajari, lalu mempersembahkan peluang kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3. Sesudah selesai, guru menyuruh siswa membuka materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, lalu siswa menutup bukunya.
4. Guru mengambil tongkat dan mempersembahkan kepada siswa dengan cara menyanyi atau hitungan, kalau lagu atau hitungan berhenti maka setelah itu guru mempersembahkan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabannya, demikian seterusnya hingga sebagian besar siswa menerima cuilan untuk menjawaban setiap pertanyaan dari guru.
5. Guru mempersembahkan kesimpulan.
6. Evaluasi.
7. Penutup.
2. PICTURE AND PICTURE
=>Langkah-langkah :
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan bahan sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar acara berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor)
=>Langkah-langkah :
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok menerima nomor
2. Guru mempersembahkan kiprah dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawabanan yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok sanggup mengerjakannya/mengetahui jawabanannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
5. Tanggapan dari mitra yang lain, lalu guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan
4. ROLE PLAYING (Bermain Peran)
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Memdiberikan klarifikasi ihwal kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan
7. Sesudah selesai dipentaskan, masing – masing siswa didiberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok memberikan hasil kesimpulannya
9. Guru mempersembahkan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
5. MAKE A MATCH (Mencari pasangan)
=>Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang meliputi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu cuilan kartu soal dan cuilan lainnya kartu jawabanan
2. Setiap siswa menerima satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawabanan/soal kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang memiliki kartu yang cocok dengan kartunya
5. Setiap siswa yang sanggup mencocokkan kartunya sebelum batas waktu didiberi point
6. Sesudah satu babak kartu dikocoklagi biar tiap siswa menerima kartu yang tidak sama dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
6. KARTU ARISAN
6. KARTU ARISAN
Media : Buat kartu (10x10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawabanan dan kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk menulis soal
Gelas
=>Langkah-langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen
2. Kertas jawabanan bagikan pada siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah meliputi soal dikocok, lalu salah satu yang jatuh, dibacakan biar dijawaban oleh siswa yang memegang kartu jawabanan
4. Apabila jawabanan benar maka siswa dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawabanan yang benar siswa didiberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok ialah penjumlahan point dari para anggotanya
6. Kelompok yang mendapat nilai terbanyak akan didiberi hadiah (buku tulis)
7. Dan seterusnya
7. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
=>Langkah-langkah :
1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2. Tiap orang dalam tim didiberi cuilan bahan yang tidak sama
3. Tiap orang dalam tim didiberi cuilan bahan yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang tidak sama yang sudah mempelajari bagian/sub cuilan yang sama bertemu dalam kelompok gres (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub cuilan mereka
5. Sesudah selesai diskusi sebagai tim jago tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar mitra satu tim mereka ihwal sub cuilan yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim jago mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru memdiberi evaluasi
8. Penutup
Menurut penulis itulah metode yang sangat senang dan praktis dilakukan, mungkin berdasarkan ibu/bapak guru ada metode yang lebih sangat bahagia, sanggup melontarkan Koreksi atau masukan dikolom komentar dibawah. tapi tidakboleh pedas-pedas ea... hehe cukup sekian...
SELAMAT MENCOBA.... GOOD LUCK
Tag :
Tentang Pendidikan
0 Komentar untuk "Metode Pembelajaran Yang Menyenangkan Dan Gampang Dilakukan"